Cara Mudah Mengatasi Aki Kering



Cara mudah mengatasi aki kering - Aki adalah komponen yang berguna untuk menyimpan stroom, komponen yang satu ini sangat di butuhkan bagi kendaraan karena tanpa adanya aki maka kendaraan tidak ada komponen tempat yang menyimpan stroom.

Seiring mengikuti perkembengan jaman seperti sekarang ini produsen aki pun mengikutin dan mengembangkan teknologi dengan komponen dan sistem serta cara penyimpanan yang berbeda pada aki-aki buatan mereka.

Aki sendiri untuk sekarang-sekarang ini di bagi menjadi dua bagian yaitu aki basah dan aki kering, aki basah sendiri masih menggunakan air aki untuk menyimpan cell-cell kelistrikan sedangkan aki kering sudah tidak menggunakan air aki biasa lagi untuk menyimpan cell-cell listrik.

Namun ada keunikan tersendiri di antara aki kering dan aki basah, dimana aki basah lebih gampang di stroom jika aki tekor, sedangkan aki kering sangat susah bahkan terkadang tidak bisa di perbaiki lagi saat stroom aki sudah habis.

Ini Disebabkan aki kering mempunyai sistem penyimpanan yang berbeda dengan aki basah, kenapa aki kering lebih susah di rekondisi di bandingkan dengan aki kering? karena aki kering ini jika pada waktu yang di tentukan habis maka skring di dalam aki tersebut ada yang putus. Nah jika skring ini putus maka aki tersebut tidak akan pernah bisa di troom ulang jika aki kering tersebut kehabisan stroom alias tekor.

Tapi namanya indonesia meskipun gak bisa bikin tapi bisa ngacak-ngacak itu lha indonesia, apapun bisa di akali haha..

Berikut ini sedikit merangkum bagaimana cara memperbaiki aki kering dengan cepat, yuk kita simak ulasannya disini.

1.Pertama
Hal yang pertama yang bisa kamu persiapkan adalah menyiapkan solder serta dan timah untuk menyolder bagian aki yang putus skringnya, kenapa skring bisa di solder? bisa, karena skring aki kering ini hanya sejenis kawat aja kok jadi tinggal panaskan timah dan tempelkan di bagian yang putus maka stroom aki tersebut akan kembali seperti awal semula.

2.Kedua
Langkah Kedua, siapkan obeng tespen obeng tespen ini berfungsi untuk mengecek pengapian aki kering tersebut, jika kamu sudah menyolder aki kering tersebut sekarang kamu test pake tespen apakan lampu tespen menyala dengan terang atau tidak. jika menyala maka aki tersebut sudah kembali seperti semula kondisinya jika belum menyala maka cek lagi di beberapa bagian skring yang lainnya karena tidak hanya satu skring saja yang menempel di aki kering tersebut.

3.Ketiga
Langkah ketiga siapkan sedikit air aki biasa, yup air aki biasa ini berfungsi untuk membasahi atau melembabkan bekas solderan skring yang putus tadi agar skring tersebut bisa awet dan tahan lama. Eits,,, jangan sembarangan membasahi bagian komponen aki tersebut, cukup sedikit saja air aki yang di basahi di bagian yang di solder jangan memasuki air aki terlalu banyak ini akan menyebabkan aki tersebut rusak bahkan bisa meledak kena muka.

Mungkin sekian informasi yang dapat saya berikan, tetap berhati hati saat bereksperimen, maaf atas ketidaknyamannya karena tidak terdapat gambarnya haha... tanks udah mampir di blog saya ya... kunjungi terus untuk dapat melihat info terbaru lainya!!...

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »